Penyebab Kulit Anak Kering dan Bersisik

Penyebab Kulit Anak Kering dan Bersisik

Masalah pada bagian tubuh biasa dialami oleh orang dewasa. Pengaruh lingkungan, suhu, makanan dapat menimbulkan efek terhadapnya. Tapi persoalan tersebut juga menghampiri kalangan usia di bawah umur seperti kulit anak kering dan bersisik. Orang tua harus mengambil tindakan untuk hal tersebut.

Penyebab Kulit Anak Kering dan Bersisik yang Wajib Anda Ketahui    

Penyebab Kulit Anak Kering dan Bersisik yang Wajib Anda Ketahui

Sama halnya dengan orang dewasa, kulit anak juga dapat mengering, bersisik hingga terkelupas, khususnya kulit kaki dan punggung. Sebab indera peraba tersebut masih sangat rentan dan lembut ketika terpapar lingkungan di sekitarnya. Meskipun diketahui bukan masalah besar tapi berkonsultasi dengan dokter merupakan langkah tepat. 

1. Perkembangan Tekstur Kulit

Setelah 40 minggu, kulit sang buah hati dapat terlihat mengelupas atau kering. Kondisi tersebut bukan permasalahan besar sebab pada dasarnya indera peraba tersebut masih dalam tahap penyempurnaan dan pengembangan. Orang tua tidak perlu khawatir sebab hal tersebut memang normal terjadi.

Kondisi keringnya kulit anak tersebut juga dapat diakibatkan oleh menghilangnya lapisan kulit paling luar yang sebelumnya menjadi pelindung saat si buah hati berada di dalam rahim. Dalam istilah medis, bagian tubuh ini disebut dengan vernix. Biasanya terjadi dalam rentang waktu 1 sampai 3 minggu.

2. Terlalu Sering Dimandikan

Bayi memang perlu dimandikan untuk menjaganya tetap bersih atau menghilangkan kotoran menempel di tubuhnya. Tapi apabila orang tua tidak memperhatikan cara yang tepat, nantinya dapat membuat kulit anak kering dan bersisik. Keadaan tersebut biasanya disebabkan oleh penggunaan air.

Orang tua dapat menggunakan air dengan kadar hangat suam kuku. Jangan sampai terlampau panas karena dapat membuat kulit sang anak justru mengelupas dan mengering. Selain itu, hindari memandikannya terlalu lama agar tidak kedinginan serta menghilangkan minyak alami di tubuhnya.

3. Kandungan Bahan Kimia Pada Produk Perawatan Anak

Kulit sang anak bersifat sensitif maka dari itu perlu menghindari produk berbahan kimia dengan kandungan yang tinggi. Sebab hal tersebut justru menimbulkan iritasi dan mengurangi kelembapannya. Orang tua dapat mencari tahu terlebih dahulu produk apa sekiranya cocok untuk diberikan pada si kecil.

Ada beragam produk yang memang dirancang dan diproduksi khusus untuk usia anak. Bahkan tidak sedikit pula memiliki kandungan bahan alami di dalamnya. Perhatikan aturan pakai dalam memberikan perawatan terhadap sang buah hati agar tidak melebihi kadar normalnya.     

4. Pengaruh Suhu Lingkungan

Temperatur di suatu lingkungan juga dapat menyebabkan kulit anak mengering. Apabila suhunya terlalu tinggi dapat menyebabkan indera peraba tersebut mengalami kekurangan cairan. Sedangkan jika berada di suatu tempat dengan ruangan berpenyejuk udara terlalu rendah, kondisi serupa dapat terjadi.

Kurang lebih berbagai pembahasan Inna-Q di atas merupakan penyebab kulit anak kering dan bersisik akibat beberapa faktor yang datang dari luar. Keadaan tersebut masih dapat ditangani dengan memperhatikan kesesuaian penggunaan produk dan suhu di sekitar tempat atau lingkungan.

Jangan lupa dibagikan ya!

Recommended For You

About the Author: Luqman

Hobi Makan dan Baca Buku, Penyuka Tantangan dan Hal Baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *