Catat, Ini Cara Menghitung Keuntungan dalam Berdagang

Catat, Ini Cara Menghitung Keuntungan dalam Berdagang

Menguasai cara menghitung keuntungan dalam berdagang adalah suatu hal yang penting supaya tahu perkembangannya seperti apa. Karena termasuk pada manajemen keuangan, Anda harus berhati-hati dalam setiap pengeluaran dan memperhatikan pemasukan pada bulan saat ini dengan bulan lalu. Dengan begitu, selain melakukan pengelolaan yang baik Anda juga bisa melakukan evaluasi bisnis agar grafiknya terus meningkat.

Cara menghitung keuntungan dalam berdagang cukup mudah, karena tidak perlu menggunakan rumus-rumus yang rumit. Hanya ada beberapa tahap saja yang harus dilakukan dengan baik tanpa ada terjadinya kesalahan sedikitpun. Karena memang dengan keuangan tersebut Anda bisa menentukan apakah bisnis dapat terus dijalankan atau tidak.

Cara Menghitung Keuntungan dalam Berdagang

Cara Menghitung Keuntungan dalam Berdagang

Sebenarnya target profit yang Anda tetapkan tergantung dengan target yang sudah kamu buat ketika hendak memulai usaha. Hanya saja, bisakah Anda menghitung profit dalam berdagang supaya mengetahui bahwa sudah mencapai profit atau belum. Berikut cara mudah menghitung laba dalam berdagang.

1. Menentukan Total Pendapatan Usaha

Langkah pertama Anda harus menentukan periode mana yang akan digunakan, misalnya seperti setiap minggu, bulan atau tahun. Nah, jadi tinggal menambahkan saja pendapatan yang didapatkan dalam periode tersebut. Apabila terjadi return barang, maka Anda harus mengurangi pendapatan sesuai harga barang yang dikembalikan itu.

2. Menghitung Beban yang Dikeluarkan

Jadi, beban yang dimaksudkan disini adalah jumlah pengeluaran biaya dalam berdagang setiap bulannya seperti listrik, air atau biaya sewa tempat yang harus dibayar secara teratur. Tapi, jangan lupa untuk selalu mencatat pengeluaran karena akan mempengaruhi keuntungan yang Anda dapatkan.

3. Mengurangi Pendapatan Usaha dengan Beban Usaha

Bagaimana cara menghitungnya? Cukup dengan mengurangi pendapatan yang didapatkan dengan biaya beban usaha. Nah, jika sudah menemukan hasilnya, itulah keuntungan bersih Anda.

4. Apabila Hasilnya Minus Artinya Anda Mengalami Kerugian

Jika ternyata hasil dari total keuntungan dalam berdagang minus, artinya Anda sudah mengalami kerugian. Pastinya hal seperti ini sama sekali tidak diharapkan karena jika sampai terjadi pada bulan-bulan selanjutnya akan mengalami terlalu besar resiko bahkan sampai menutup usaha dengan sia-sia.

5. Memperhatikan Detail Perhitungan

Apapun hasil yang Anda temukan, pastikan untuk mempelajari detail perhitungan supaya jika terjadi kesalahan bisa dengan cepat diketahui. Oleh karena itu, dalam hal ini Anda harus benar-benar memasukkan data pemasukan dan pengeluaran secara akurat supaya tidak sampai terjadi kesalahan perhitungan.

Menguasai cara menghitung keuntungan yang didapat ketika berdagang tidaklah cukup dengan mengetahui untung atau rugi tanpa mempelajari lebih lanjut seberapa banyak keuntungan dan kerugian yang didapatkan. Karena tidak menutup kemungkinan sesekali Anda mengalami kesalahan dalam menghitung dan menganalisis data sehingga dampaknya tidak akan baik kedepannya.

Nah, itulah 5 cara menghitung keuntungan dalam berdagang yang dapat Inna-Q rangkum untuk Anda.

Jangan lupa dibagikan ya!

Recommended For You

About the Author: Luqman

Hobi Makan dan Baca Buku, Penyuka Tantangan dan Hal Baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *