Cara Menghilangkan Bengkak di Bibir yang Praktis dan Mudah

Cara Menghilangkan Bengkak di Bibir yang Praktis dan Mudah

Pernah merasakan terjatuh dan bibir membengkak akibat benturan? akibat alergi terhadap makanan tertentu atau karena hal lain seperti jerawat sehingga bibir membesar? Jangan khawatir karena ada cara menghilangkan bengkak di bibir yang alami dan tidak membutuhkan banyak biaya. Simak ulasannya berikut ini!

Inilah Cara Menghilangkan Bengkak di Bibir dengan Bahan-bahan Alami

Inilah Cara Menghilangkan Bengkak di Bibir dengan Bahan-bahan Alami

Meskipun bisa membeli obat di apotik atau pergi ke dokter, tidak ada salahnya Anda menggunakan cara alami di bawah ini. Selain lebih aman karena tanpa kandungan bahan kimia berbahaya, beberapa bahan berikut juga mudah ditemukan di sekitar rumah.

1. Atasi Bibir Bengkak dengan Teh Celup

Teh celup pasti ada di setiap rumah sebagai bahan minuman di dapur. Siapa yang menyangka bahwa bahan ini bisa mengurangi bengkak-bengkak di bibir. Hal itu karena teh tersebut memiliki kandungan Antioksidan yang dapat mempercepat penyembuhan luka.

Cara penerapannya adalah dengan merendam teh ke dalam air hangat seperti saat membuat minuman. Setelah itu, diamkan sampai dingin. Oleskan pada bibir yang bengkak. Lakukan secara teratur setidaknya tiga kali dalam sehari agar bibir Anda segera pulih.

2. Kurangi Rasa Sakit pada Bibir Bengkak dengan Garam Epsom

Bahan alami selanjutnya yang bisa mengatasi bibir bengkak adalah garam Epsom. Kandungan di dalamnya dapat menenangkan bibir serta mengurangi rasa sakit. Cara penerapannya juga sangat mudah, cukup dengan mengompres dengan bahan tersebut.

Tekniknya, siapkan satu sendok makan garam Epsom kemudian larutkan pada segelas air hangat. Masukkan handuk atau kain lembut yang lain pada larutan tersebut. Sesudah itu, lakukan pengompresan pada bibir yang membengkak selama sekitar 15 menit.

3. Redakan Bibir Bengkak dengan Es Batu

Cara menghilangkan bengkak di bibir berikutnya adalah dengan menggunakan es batu. Bahan tersebut terbukti ampuh dalam mengurangi pembengkakan pada bibir. Namun, jangan langsung mengoleskannya karena bibir akan membiru.

Siapkan es batu berukuran sedang, kemudian bungkus dengan kain. Usapkan pada bibir dan diamkan selama 10 menitan. Lakukan ini setidaknya tiga kali sehari. Dengan demikian, penumpukan darah yang terdapat di bibir akan menyusut dengan sendirinya.

4. Kembalikan Bibir yang Normal dengan Madu

Madu dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengatasi berbagai penyakit, termasuk bibir bengkak. Hal itu dipengaruhi oleh kandungan Anti Bakteri di dalamnya. Selain itu, madu juga bisa mencegah infeksi, radang, nyeri dan pembengkakan.

Cara pengaplikasiannya adalah dengan mengoleskan madu asli di seluruh permukaan bibir. Diamkan selama 15 menit. Lakukan cara ini setidaknya 3 kali sehari sampai bibir mengecil. Selain itu, iritasi dan rasa gatal di bibir juga akan hilang dengan menggunakan madu.

5. Atasi Radang Bibir dengan Lidah Buaya

Bahan alami selanjutnya yang tidak kalah ampuh mengatasi bibir bengkak adalah lidah buaya. Peradangan di bibir bisa hilang karena tanaman tersebut mengandung Anti-inflamasi. Selain mengatasi pembengkakan, Aloe Vera ternyata juga dapat mengurangi rasa terbakar pada bibir.

Cara penerapannya adalah dengan mengoleskan bahan ini ke permukaan bibir. Diamkan selama beberapa saat hingga mengering. Sesudah itu, bilas sampai bersih. Lidah buaya ini ternyata juga bisa mengatasi gigitan semut atau serangga lain pada bibir Anda.

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa. Bahan ini juga memiliki kandungan khusus yang ampuh atasi bengkak bibir apabila dioleskan secara rutin.

Beberapa cara menghilangkan bengkak di bibir tersebut bisa Anda pilih mana yang paling tepat. Lakukan dengan benar dan rutin agar hasilnya semakin maksimal.

Nah, itulah 5 cara menghilangkan bengkak di bibir dengan Bahan-bahan alami menurut ulasan Inna-Q.

Jangan lupa dibagikan ya!

Recommended For You

About the Author: Luqman

Hobi Makan dan Baca Buku, Penyuka Tantangan dan Hal Baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *