Beberapa Masalah Kesehatan yang Menyebabkan Buang Air Besar Warna Hitam

Beberapa Masalah Kesehatan yang Menyebabkan Buang Air Besar Warna Hitam

BAB merupakan aktivitas penting bagi kelanjutan hidup manusia. Sisa makanan yang terdapat di dalam tubuh memang sudah seharusnya dibuang. Frekuensinya bervariasi antara masing-masing individu. Kondisi kesehatan pencernaan seseorang juga dapat dinilai dari buang air besar warna hitam.

Masalah Kesehatan yang Mempengaruhi Buang Air Besar Warna Hitam   

Masalah Kesehatan yang Mempengaruhi Buang Air Besar Warna Hitam

Feses berwarna hitam merupakan suatu kondisi yang memperlihatkan kotoran manusia berubah warna menjadi lebih lebih gelap. Keadaan tersebut dapat dikatakan normal apabila dipengaruhi oleh konsumsi obat-obatan, suplemen dan makanan tertentu. Berikut beberapa pertanda masalah kesehatan dari hitamnya warna BAB menurut Inna-Q:  

1. Masalah Kesehatan Lambung

Ulkus peptikum diakibatkan oleh kerusakan jaringan submukosa, mukosa duodenum hingga lapisan otot pada saluran pencernaan. Hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya asam lambung dan aktivitas pepsin. Gangguan kesehatan ini diakibatkan oleh bakteri dan pola hidup tidak sehat atau konsumsi obat tertentu.

Perokok aktif, peminum alkohol juga dapat mengeluarkan feses berwarna hitam. Dampak yang ditimbulkan dari masalah lambung ini adalah hilangnya nafsu makan, berat badan berkurang, sesak nafas dan perut terasa mual. Lakukan konsultasi terhadap dokter untuk langkah perawatan yang tepat.

2. Penderita Gastritis

Gastritis merupakan kondisi radang pada lapisan kulit dalam bagian lambung. Keadaan seperti ini bisa muncul secara tiba-tiba. Bahkan dalam tingkat terparah dapat berlangsung dalam jangka waktu lama. Penderita gejala seperti ini berpotensi buang air besar warna hitam apabila tidak segera ditangani.

Pada kenyataannya gastritis berbeda dengan maag meskipun gejala yang ditimbulkan hampir sama. Penderita radang lambung seperti ini akan mudah kenyang walaupun masih sedikit mengonsumsi makanan. Selain itu dapat menyebabkan pendarahan dengan warna gelap ketika muntah.

3. Penderita Varises Esofagus / Kerongkongan

Varises esofagus terjadi akibat peningkatan ukuran yang tidak normal pada vena. Letaknya berada di dekat kerongkongan. Hal ini terjadi kemudian menyebabkan tumbuhnya tekanan dalam jumlah besar di bagian vena porta. Pada tingkat paling berbahaya apabila pembuluh darah tersebut sampai pecah.   

Penderita sebaiknya melakukan perawatan terhadap pihak medis agar masalah kesehatan ini dapat segera ditangani. Sebab varises esofagus dapat menyebabkan persoalan lain seperti muntah darah, tinja berwarna hitam disertai melena, pusing, penumpukan cairan di perut hingga hilang kesadaran.

4. Penderita Kanker Perut / Lambung

Seseorang dapat mengeluarkan feses berwarna hitam jika mengalami penyakit kanker jenis ini. Beberapa gejala lainnya yang ditimbulkan antara lain kelelahan, sakit perut, muntah, penurunan berat badan tanpa disengaja, kembung setelah makan, gangguan pencernaan dan mual terus menerus.

Demikianlah pembahasan terkait dengan masalah kesehatan yang membuat proses buang air besar warna hitam. Apabila tidak segera ditangani akan berdampak pada rasa sakit berkepanjangan. Itulah sebabnya penting menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Jangan lupa dibagikan ya!

Recommended For You

About the Author: Luqman

Hobi Makan dan Baca Buku, Penyuka Tantangan dan Hal Baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *