Mengetahui Kondisi Kesehatan Bayi Usia 2 Minggu Sering Buang Air Besar

Mengetahui Kondisi Kesehatan Bayi Usia 2 Minggu Sering Buang Air Besar

Ketika bayi dilahirkan terkadang memiliki pola mengeluarkan feses lebih sering. Bahkan dapat mencapai 10 kali per harinya. Meskipun kondisi seperti ini tidak bermasalah mengingat sang buah hati mendapatkan ASI. Tapi ketika bayi usia 2 minggu sering buang air besar, maka hal ini perlu diperhatikan.

Ulasan Terkait Keadaan Bayi Usia 2 Minggu Sering Buang Air Besar

Ulasan Terkait Keadaan Bayi Usia 2 Minggu Sering Buang Air Besar

Bayi usia 2 minggu sampai 1 bulan akan sering buang air besar apalagi asupan ASI rutin diberikan. Sebab di dalam air susu ibu terdapat zat pencahar. Kondisi seperti ini pada dasarnya adalah normal. Terkadang ditemui beberapa hal seperti terjadinya ruam popok atau warna feses yang berbeda-beda.

1. Feses Berwarna Hijau Kehitaman

Ketika umur bayi belum mencapai 2 minggu, ketika buang air besar akan mengeluarkan mekonium. Kotoran ini berupa lendir dan cairan ketuban yang tertelan saat sang buah hati masih berada di dalam rahim. Dapat dikatakan teksturnya terasa lengkat dan berwarna hijau kehitaman.

Apabil bayi berusia kurang dari 2 minggu buang air dengan ciri khas seperti itu, berarti kondisi kesehatan ususnya dapat berfungsi dengan baik. Frekuensi normal si kecil mengeluarkan feses sebanyak 3-12 kali sehari. Tidak jarang pula mereka terlihat gelisah dan perutnya terlihat mengeras ketika sedang sembelit.

2. Feses Berwarna Hijau Kecokelatan

Bayi umur 2 minggu sering buang air besar juga dapat mengeluarkan feses berwarna hijau kehitaman. Tepatnya ketika menginjak usia 3 hari. Kondisi ketika BAB seperti ini menandakan bahwa si kecil sudah mampu mencerna air susu ibu. Perlu konsultasi dokter bila keadaan ini terus berlangsung.

Feses berwarna hijau kecokelatan juga dikeluarkan oleh bayi dengan konsumsi susu formula. Namun teksturnya tentu berbeda dengan si kecil yang meminum ASI. Kondisinya lebih padat atau kental disertai bau lebih menyengat dari kotoran orang dewasa. Hal ini karena sang buah hati belum bisa mencernanya.

3. Feses Berwarna Kuning   

Bayi berusia dua minggu juga dapat mengeluarkan feses dengan warna kuning gelap. Tapi kotoran berwarna kuning terang juga dapat ditemukan. Keadaan tersebut dapat dipengaruhi makanan atau obat yang dikonsumsi oleh sang ibu.

Apabila kotoran bayi berwarna kuning terang dan disertai dengan intensitas buang air kecil lebih sering, hal ini menjadi pertanda diare atau dehidrasi. Langkah yang dapat dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter anak agar permasalahan tersebut dapat diatasi dengan tepat.

4. Feses Berwarna Merah

Warna kotoran bayi dapat berubah tampilan berdasarkan makanan yang dikonsumsi seperti jus tomat atau buah bit. Tapi kondisi kesehatan bayi usia 2 minggu dapat dikatakan kurang baik apabila diketahui terjadi infeksi sistem pencernaan atau pendarahan. Khususnya ketika feses dikeluarkan berwarna merah.

Demikianlah pembahasan Inna-Q mengenai kondisi kesehatan bayi usia 2 minggu sering buang air besar yang bisa disebut normal selama rutin mendapatkan ASI atau susu formula. Kondisi tidak sehat apabila warna feses ditemui berwarna hitam, putih, abu-abu dan merah tanpa faktor dari makanan.  

Jangan lupa dibagikan ya!

Recommended For You

About the Author: Luqman

Hobi Makan dan Baca Buku, Penyuka Tantangan dan Hal Baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *